Perbedaan antara A record, CName, MX Record, TXT record

Hallo kawan kb.hosterbyte.com terdapat beberapa macam record yang dapat anda setting dari cPanel, yaitu A Record, CNAME Record, TXT Record, dan MX Record. DNS Record atau Catatan DNS domain adalah data yang menyajikan pemetaan dan pengalamatan sebuah nama domain internet. Data ini terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda. Penjelasan dari record-record tersebut sebagai berikut ini:

  1. A Record, Merupakan sebuah record hosting yang digunakan untuk membuat alias dan mengarahkan website atau domain anda ke ip server tertentu.
  2. CNAME Record, Merupakan sebuah record hosting yang digunakan untuk membuat alias name dan mengarahkan website atau domain anda ke alamat tertentu (dalam bentuk A Record/Alias bukan dalam bentuk ip).
  3. TXT Record , Merupakan sebuah record yang digunakan untuk menyimpan informasi berupa text pada domain hosting anda.
  4. MX Record, Merupakan sebuah record hosting yang digunakan untuk mengarahkan mail server domain anda ke alamat tertentu.
  5. AAAA record atau catatan alamat IPv6 memetakan sebuah nama host ke alamat IP 128-bit(untuk IPv6).
  6. PTR record atau catatan penunjuk memetakan sebuah nama host ke nama kanonik untuk host tersebut. Pembuatan record PTR untuk sebuah nama host di dalam domain in-addr.arpa yang mewakili sebuah alamat IP menerapkan pencarian balik DNS (reverse DNS lookup) untuk alamat tersebut.
  7. NS record atau catatan server nama memetakan sebuah nama domain ke dalam satu daftar dari server DNS untuk domain tersebut. Pewakilan bergantung kepada record NS.
  8. SOA record atau catatan otoritas awal (Start of Authority) mengacu server DNS yang mengediakan otorisasi informasi tentang sebuah domain Internet.
  9. SRV record adalah catatan lokasi secara umum.
  10. Catatan TXT mengijinkan administrator untuk memasukan data acak ke dalam catatan DNS, catatan ini juga digunakan di spesifikasi Sender Policy Framework.
  11. Jenis catatan lainnya semata-mata untuk penyediaan informasi, contohnya, catatan LOC memberikan letak lokasi fisik dari sebuah host, atau data ujicoba misalkan, catatan WKS memberikan sebuah daftar dari server yang memberikan servis yang dikenal (well-known service) seperti HTTP atau POP3 untuk sebuah domain.

PENTING !!,

  1. Setiap ada perubahan A Record, CNAME Record, TXT Record, atau MX Record, maka baru efektif setelah 1×24 jam, hal tersebut dikarenakan adanya refreshing DNS pada jaringan internet dan ISP.
  2. Dengan demikian apabila dilakukan akses ke website dengan address atau cname yg telah diganti, atau ada pengiriman/penerimaan email pada masa refreshing DNS, maka bisa saja mengarah ke server/address yang lama atau yang baru, tergantung dari ISP yang digunakan.

Salam Admin

Sumber : berbagai sumber

Was this article helpful?

Related Articles

Leave A Comment?